Selasa, 29 Januari 2013

ATASI BULBUL dengan BioJANNA 6 FOR BIRDS


Sebagai penyayang burung, tentunya kita berusaha menjaga agar kondisi burung tetap sehat, terhindari dari berbagai penyakit. Sumber utama penyakit pada burung umumnya terletak pada kebersihan atau sanitasi sangkar, seperti sarana penunjangnya seperti tangkringan, tempat makan dan minum. Sangkar yang tidak bersih, dapat menjadi sumber penyakit pada burung, terutama penyakit-penyakit infeksi.
Infeksi ini semakin berpeluang terjadi, dalam kondisi burung yang sedang tidak fit, atau pada saat musim atau kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Dalam hal ini salah satu hal yang mestinya harus diusahakan adalah meningkatkan daya tahan tubuh burung.
Salah satu penyakit infeksi yang sering diderita burung adalah Penyakit Bulbul. Penyakit bubul (bumble foot) adalah jenis penyakit infeksi pada burung yang disebabkan oleh bakteri Staphylo coccus. Bakteri ini biasanya terdapat pada saluran pernapasan atas dan kulit. Bakteri ini tumbuh baik pada sisa-sisa makanan yang sudah membusuk. Kotoran-kotoran yang melekat pada kaki burung, kuku, sangkar juga akan menjadi media tumbuh yang baik bagi bakteri tersebut.
Bakteri ini menyerang permukaan kulit, terutama kulit telapak kaki. Faktor utama yang menyebabkan timbulnya penyakit bubul adalah kebersihan sangkar, khususnya tempat bertengger. Tanda-tanda serangan penyakit bubul yang dapat dilihat adalah kaki membengkak, kuku memanjang, sisik kaki melebar atau merenggang. Jika serangan penyakit bubul mi dibiarkan, maka lama kelamaan infeksi penyakit tersebut akan melebar dan bertambah besar.


Seperti halnya penyakit infeksi lainnya, sudah dimaklumi orang akan selalu mencari antibiotik.. sekali lagi kami ingatkan pola pikir ini lah yang harus dirubah. Antibiotik adalah senyawa kimia yang digunakan untuk menghambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri/mikroorganisme, yang bisa saja semua mikroorganisme yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh pun ikut tersingkirkan oleh antibiotik tersebut. Belum lagi, resiko resistensi yang sangat mungkin muncul. Mikroorganisme adalah maklhuk yang hidup, yang tentu akan terus berupaya mempertahankan diri apabila terganggu hidupnya, termasuk berusaha melawan senyawa antibiotik yang kita berikan dan mikroba sebagaimana makhluk-makhluk lain punya kemampuan untuk beradaptasi. Dalam banyak laporan, dikatakan bahwa, ada penyakit infeksi yang diatasi dengan antibiotik, justru hasilnya tetap sia-sia. Semua antibiotik yang diberikan sudah resistan dan malah membuat penyakit semakin parah menggerogoti burung.
Probiotik adalah salah satu metode pengobatan penyakit infeksi yang saat ini sedang dikembangkan, termasuk juga terhadap penyakit infeksi pada burung. Memasok probiotik ke dalam tubuh burung, akan dapat menyeimbangkan komposisi bakteri/mikroorganisme dalam tubuh burung, sehingga bakteri baik dapat mendominasi tubuh burung, sehingga bakteri jahat penyebab infeksi tidak dapat tumbuh dan berkembang, sehingga kejadian infeksi dapat diperbaiki.
Probiotik juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh burung. Seperti diketahui bahwa penyakit bulbul adalah penyakit infeksi, ini terjadi karena daya tahan tubuh burung yang tidak dapat mengcover atau melawan infeksi tersebut. Bakteri Lactobacillus sp. yang terkandung melimpah dalam BioJanna akan mengaktifkan sel-sel imun kita seperti makrofag, limfosit, dan neutrofil. Jika sel-sel imun kita aktif, kerjanya akan optimal, sehingga ampuh melawan serangan kuman. Probiotik juga berkemampuan memproduksi asam laktat dan asam asetat di usus dapat menekan pertumbuhan bakteri.
Pemberian biojanna dengan cara disemprotkan atau dioleskan langsung pada bagian tubuh yang terkena infeksi, juga akan sangat efektif mengatasi infeksi. Termasuk bulbul, dapat disemprotkan langsung pada kaki burung tersebut. Penggunaan dari luar atau topical adalah agar dapat memberikan reaksi lebih cepat pada keadaan tertentu dari pada pemberian melalui oral atau diminum. Dengan cara disemprotkan dapat mensupprot system imun tubuh adalah migrasi sel-sel fagosit dari kapiler ke tempat infeksi.  Sel fagosit menelan dan merusak mikroba penyebab sakit tersebut.
Demikian besar manfaat probiotik dalam mengatasi penyakit bulbul ini, sudah semestinya mnejadi pilihan pertama kita untuk mengatasi bulbul pada burung-burung kesayangan kita. Semoga dapat menjadi pertimbangan kita semua dalam memilih produk yang tepat atau cara yang tepat dalam mengatasi penyakit pada burung kesayangan kita. Apabila ada kesalahan, kami mohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar